DELAPAN
KETERAMPILAN MENGAJAR MATEMATIKA
Turney (1973) mengemukakan 8 (delapan) keterampilan dasar
mengajar, yakni:
1.
keterampilan
membuka dan menutup pelajaran. Dalam konteks ini, guru perlu mendesain situasi yang
beragam sehingga kondisi kelas menjadi dinamis.
2. keterampilan bertanya
yang mensyaratkan guru harus menguasai teknik mengajukan
pertanyaan yang cerdas, baik keterampilan bertanya dasar maupun keterampilan
bertanya lanjut
3. keterampilan mengadakan variasi, baik variasi dalam gaya mengajar, penggunaan media dan bahan pelajaran, dan pola interaksi dan kegiatan
4.
keterampilan
menjelaskan yang
mensyaratkan guru untuk merefleksi segala informasi sesuai dengan kehidupan
sehari-hari. Setidaknya, penjelasan harus relevan dengan tujuan, materi, sesuai
dengan kemampuan dan latar belakang siswa, serta diberikan pada awal, tengah,
ataupun akhir pelajaran sesuai dengan keperluan.
5.
keterampilan
membimbing diskusi kelompok kecil.
Hal terpenting dalam proses ini adalah mencermati.aktivitas siswa dalam
diskusi.
6.
keterampilan
mengelola kelas, mencakupi
keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi
belajar yang optimal, serta pengendalian kondisi belajar yang optimal.
7.
keterampilan
memberi penguatan.
Seorang guru perlu
menguasai keterampilan memberikan penguatan karena penguatan merupakan dorongan
bagi siswa untuk meningkatkan perhatian.
8.
keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan,
yang mensyaratkan guru agar mengadakan pendekatan secara pribadi,
mengorganisasi-kan, membimbing dan memudahkan belajar, serta merencanakan dan
melaksana-kan kegiatan belajar-mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar