Sabtu, 17 Desember 2011

RANGKUMAN KTSP, SILABUS, DAN RPP


Prodi                           : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah              : Dasar – dasar dan Proses Pembelajaran Matematika
Dosen Pengampu      :Prof. Zulkardi / Meryansumayeka, M.Sc

Rangkuman
KTSP, SILABUS, dan RPP


Perbedaan KTSP, SILABUS dan RPP

KTSP
SILABUS
RPP
Pengertian
Kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan.
Rencana pembelajaran yang meliputi komponen silabus, yang dilaksanakn dalam satu semester.
Skenario yang dibuat guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam pencapaian materi ajar yang dibuat untuk satu kali pertemuan.
Komponen
1.      Visi, misi, dan tujuan
2.      Struktur dan muatan kurikulum
3.      Kalender pendidikan
4.      Silabus
5.      RPP
1.      SK ( Standar Kompetensi)
2.      KD (Kompetensi Dasar)
3.      MP(Materi pokok)
4.      Kegiatan Pembelajaran
5.      Indikator
6.      Penilaian
7.      Alokasi waktu
8.      Bahan ajar
1.      SK
2.      KD
3.      Indikator
4.      Alokasi waktu
5.      Materi ajar
6.      Metode pembelajaran
7.      Langkah – langkah pembelajaran
8.      Alat dan sumber
9.      Penilaian
Pembuat
Departemen Pendidikan Nasional  ( Depdiknas)
Guru mata pelajaran
Namun, jika guru tersebut tidak mampu membuat sendiri, maka boelh mengadakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran )
Guru mata pelajaran bersangkutan.

KTSP
Ø  Landasan KTSP
1.      UUD 1945
2.      UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
3.      PP no. 19 standar pendidikan nasional
4.      Permendiknas 22,23,24 tahun 2006
5.      Permendiknas tahun 2007



Ø  Pedoman pengembangan KTSP
1.      Standar isi
2.      Standar KL
3.      Panduan BNSP


Ø  Koordinasi KTSP
1.      Untuk Sekolah Dasar berkoordinasi dengan Depdiknas dan Depag kabupaten
2.      Untuk Sekolah Menengah dan sekolah khusus berkoordinasi dengan Depdiknas dan Depag Propinsi

Ø  Prinsip pengembangan KTSP
1.      Berpusat pada peserta didik
2.      Baeragam dan berpadu
3.      Tanggap terhadap Iptek dan seni
4.      Relevan ( sesusi dengn kebutuhan hidup)
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan ( mencakup aspek sikap (afektif), intelektual (kognitif), keterampilan (psikomotorik)
6.      Long life education (belajar sepanjang hayat)
7.      Seimbang nasional dan daerah


Penjelasan Komponen – komponen

Ø  SK ( Standar Kompetensi)
Standar kemampuan peserta didik yang harus dicapai meliputi pengetahuan, sikap , dan keterampilan.

Ø  KD (Kompetensi Dasar)
Pengetahuan , sikap, dan keterampilan yang harus dicapai siswa

Ø  Materi Pokok
Pokok – pokok materi yang diajarkan / dipelajari siswa

Ø  Kegiatan pembelajaran
Aktivitas / langkah – langkah yang harus dilalui oleh siswa untuk mencapai tujuan atau materi pokok.

Ø  Indikator
Tolak ukur terhadap pencapaian pembelajaran

Ø  Penilaian
1.      Tes
2.      Nontes

Ø  Alokasi waktu
Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan materi ajar

Ø  Bahan ajar
Sumber untuk belajar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar