Prodi : Pendidikan
Matematika
Mata
Kuliah : Dasar – dasar dan
Proses Pembelajaran Matematika
Dosen
Pengampu :Prof. Zulkardi /
Meryansumayeka, M.Sc
Rangkuman
KTSP,
SILABUS, dan RPP
Perbedaan
KTSP, SILABUS dan RPP
|
KTSP
|
SILABUS
|
RPP
|
Pengertian
|
Kurikulum
operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan.
|
Rencana
pembelajaran yang meliputi komponen silabus, yang dilaksanakn dalam satu
semester.
|
Skenario
yang dibuat guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam pencapaian materi ajar
yang dibuat untuk satu kali pertemuan.
|
Komponen
|
1.
Visi, misi, dan tujuan
2.
Struktur dan muatan kurikulum
3.
Kalender pendidikan
4.
Silabus
5.
RPP
|
1.
SK ( Standar Kompetensi)
2.
KD (Kompetensi Dasar)
3.
MP(Materi pokok)
4.
Kegiatan Pembelajaran
5.
Indikator
6.
Penilaian
7.
Alokasi waktu
8.
Bahan ajar
|
1.
SK
2.
KD
3.
Indikator
4.
Alokasi waktu
5.
Materi ajar
6.
Metode pembelajaran
7.
Langkah – langkah pembelajaran
8.
Alat dan sumber
9.
Penilaian
|
Pembuat
|
Departemen
Pendidikan Nasional ( Depdiknas)
|
Guru
mata pelajaran
Namun,
jika guru tersebut tidak mampu membuat sendiri, maka boelh mengadakan MGMP
(Musyawarah Guru Mata Pelajaran )
|
Guru
mata pelajaran bersangkutan.
|
KTSP
Ø Landasan KTSP
1. UUD
1945
2. UU
No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
3. PP
no. 19 standar pendidikan nasional
4. Permendiknas
22,23,24 tahun 2006
5. Permendiknas
tahun 2007
Ø Pedoman pengembangan KTSP
1. Standar
isi
2. Standar
KL
3. Panduan
BNSP
Ø Koordinasi KTSP
1. Untuk
Sekolah Dasar berkoordinasi dengan Depdiknas dan Depag kabupaten
2. Untuk
Sekolah Menengah dan sekolah khusus berkoordinasi dengan Depdiknas dan Depag Propinsi
Ø Prinsip pengembangan KTSP
1. Berpusat
pada peserta didik
2. Baeragam
dan berpadu
3. Tanggap
terhadap Iptek dan seni
4. Relevan
( sesusi dengn kebutuhan hidup)
5. Menyeluruh
dan berkesinambungan ( mencakup aspek sikap (afektif), intelektual (kognitif),
keterampilan (psikomotorik)
6. Long life education
(belajar sepanjang hayat)
7. Seimbang
nasional dan daerah
Penjelasan Komponen –
komponen
Ø SK ( Standar Kompetensi)
Standar kemampuan peserta didik
yang harus dicapai meliputi pengetahuan, sikap , dan keterampilan.
Ø KD (Kompetensi Dasar)
Pengetahuan , sikap, dan
keterampilan yang harus dicapai siswa
Ø Materi Pokok
Pokok – pokok materi yang diajarkan
/ dipelajari siswa
Ø Kegiatan pembelajaran
Aktivitas / langkah – langkah yang
harus dilalui oleh siswa untuk mencapai tujuan atau materi pokok.
Ø Indikator
Tolak ukur terhadap pencapaian
pembelajaran
Ø Penilaian
1. Tes
2. Nontes
Ø Alokasi waktu
Waktu yang diperlukan untuk
menyelesaikan materi ajar
Ø Bahan ajar
Sumber untuk belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar