PUZZLE
JARING-JARING
KUBUS
HARRY
GUNAWAN
UNIVERISTAS
SRIWIJAYA
Nama Media : Puzzle Jaring-jaring Kubus
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi :
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya serta
menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas.
Materi :
Jaring-jaring kubus.
- Alat yang dibutuhkan
-
Styrofoam ukuran 30 cm x 27 cm
-
Karton tebal
-
Kertas origami berwarna
-
Gunting
-
Lem Kertas
-
Paku payung
-
Spidol
-
Kubus-kubus
kecil untuk demonstrasi dan percobaan
- Cara membuat
1. Papan Puzzle
-
Buat persegi ukuran 3 cm x 3 cm pada Styrofoam.
-
Arsir bagian yang tidak digunakan untuk puzzle seperti
gambar dibawah ini: saya
mengalami kesulitan mengarsir di sini. Hasilnya bisa dilihat pada alat peraga
yang sudah jadi.
2. Puzzle
Jaring-jaring Kubus
-
Buat 11 macam jaring-jaring kubus seperti gambar di
bawah ini dengan menggunakan karton
tebal. Tiap persegi berukuran 3 cm x 3 cm.
- Potong
kertas origami berwarna dengan ukuran 3 cm x 3 cm. Potong tiga macam warna.
- Tempelkan potongan kertas origami itu pada jarring-jaring kuybus yang telah dibuat. Sisi yang sejajar diberi warna yang sama seperti gambar di bawah ini.
- Tempelkan potongan kertas origami itu pada jarring-jaring kuybus yang telah dibuat. Sisi yang sejajar diberi warna yang sama seperti gambar di bawah ini.
- Cara Menggunakan
Untuk menunjukkan
cara memperoleh jaring-jaring kubus, guru dapat meminta kepada siswa untuk membelah
kubus-kubus mereka dengan menggunakan cutter atau gunting menurut beberapa
rusuk tertentu dan menyisakan satu rusuk yang merangkaikan antara dua persegi,
serta ajukanlah pertanyaan kepada para siswa ada berapa macam bentuk
jaring-jaring dari sebuah kubus?
Setelah mereka memulai pengguntingan dengan cara yang berbeda-beda, tentunya mereka akan
menjawab dengan bermacam-macam
jawaban. Dapat dimungkinkan
bahwa ada beberapa siswa yang cara mengguntingnya membuahkan hasil yang sama. Hasil guntingan siswa akan membentuk salah satu jaring.
bahwa ada beberapa siswa yang cara mengguntingnya membuahkan hasil yang sama. Hasil guntingan siswa akan membentuk salah satu jaring.
Jaring-jaring
tersebut apabila dirangkaikan kembali
maka:
(a)
Tidak ada satu pun hasil guntingan yang berupa daerah persegi tersebut yang menutup persegi yang lain.
(b)
Hasil pengguntingan tidak boleh terlepas yang satu dengan lainnya.
Dengan demikian
yang dimaksud jaring-jaring kubus adalah suatu rangkaian yang terdiri dari enam
daerah persegi yang apabila digabungkan kembali (diimpitkan sisi-sisi perseginya)
akan membentuk kubus.
Ada 11
model jaring jaring kubus dengan pola sbb:
Pola
1-4-1 sebanyak 6 macam. Pola 1-4-1 berarti terdiri atas rangkaian empat persegi pada satu
baris di bagian tengah diikuti dengan masing-masing 1 persegi pada sebelah
menyebelah rangkaian empat persegi tersebut.
menyebelah rangkaian empat persegi tersebut.
Pola
2-3-1 sebanyak 3 macam. Pola 2-3-1 berarti terdiri atas rangkaian tiga persegi
pada
satu baris di bagian tengah diikuti dengan dua persegi pada bagian atas dan satu persegi
pada bagian bawah rangkaian tiga persegi tadi.
satu baris di bagian tengah diikuti dengan dua persegi pada bagian atas dan satu persegi
pada bagian bawah rangkaian tiga persegi tadi.
Pola
2-2-2 sebanyak satu macam dan pola
3-3 sebanyak 1 macam.
Kemudian guru
membantu kelompok yang kesulitan dan memberi petunjuk untuk mencari bentuk
jarring-jaring yang sulit. Setelah ke
sebelas jarring-jaring ditemukan, ajak siswa bermain puzzle dengan cara
menggunakan ke sebelas jarring-jaring kubus tadi sebagai potongan puzzlenya.
Catatan:
-
Bila Anda mau, beri hadiah kepada kelompok yang
menang dalam menyusun puzzle. Hal
ini akan membuat mereka lebih tertarik pada pelajaran Anda.
-
Warna
digunakan untuk mempermudah siswa mengerti dan mengingat. Karena otak bekerja
dalam warna.
-
Digunakan game puzzle agar siswa lebih mengingat ke
sebelas macam jarring-jaring kubus. Karena otak akan lebih mudah mengingat apa
yang berkaitan dengan dunia nyata dan dilakukan secara riang bahagia. Selain itu mengingat bahwa manusia adalah
homo ludens atau makhluk bermain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar