Senin, 19 Desember 2011

CONTOH DESAIN ALAT PERAGA PENDIDIKAN MATEMATIKA





PUZZLE
JARING-JARING KUBUS

HARRY GUNAWAN

UNIVERISTAS SRIWIJAYA

Nama Media   : Puzzle Jaring-jaring Kubus
Kelas/Semester            : VIII/2
Standar Kompetensi   : 5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar       : 5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas.
Materi                          : Jaring-jaring kubus.

  1. Alat yang dibutuhkan
-          Styrofoam ukuran 30 cm x 27 cm
-          Karton tebal
-          Kertas origami berwarna
-          Gunting
-          Lem Kertas
-          Paku payung
-          Spidol
-          Kubus-kubus kecil untuk demonstrasi dan percobaan

  1. Cara membuat
1. Papan Puzzle
-          Buat persegi ukuran 3 cm x 3 cm pada Styrofoam.
-          Arsir bagian yang tidak digunakan untuk puzzle seperti gambar dibawah ini: saya mengalami kesulitan mengarsir di sini. Hasilnya bisa dilihat pada alat peraga yang sudah jadi.






























































































            2. Puzzle Jaring-jaring Kubus
-          Buat 11 macam jaring-jaring kubus seperti gambar di bawah ini dengan menggunakan   karton tebal. Tiap persegi berukuran 3 cm x 3 cm.























       - Potong kertas origami berwarna dengan ukuran 3 cm x 3 cm. Potong  tiga macam warna.
   - Tempelkan potongan kertas origami itu pada jarring-jaring kuybus yang telah dibuat. Sisi yang sejajar diberi warna yang sama seperti gambar di bawah ini.








 














  1. Cara Menggunakan
Untuk menunjukkan cara memperoleh jaring-jaring kubus, guru dapat meminta kepada siswa untuk membelah kubus-kubus mereka dengan menggunakan cutter atau gunting menurut beberapa rusuk tertentu dan menyisakan satu rusuk yang merangkaikan antara dua persegi, serta ajukanlah pertanyaan kepada para siswa ada berapa macam bentuk jaring-jaring dari sebuah kubus?
Setelah mereka memulai pengguntingan dengan cara yang berbeda-beda, tentunya mereka akan menjawab dengan bermacam-macam jawaban. Dapat dimungkinkan
bahwa ada beberapa siswa yang cara mengguntingnya membuahkan hasil yang sama. Hasil guntingan siswa akan membentuk salah satu jaring.

Jaring-jaring tersebut  apabila dirangkaikan kembali maka:
(a) Tidak ada satu pun hasil guntingan yang berupa daerah persegi tersebut yang menutup persegi yang lain.
(b) Hasil pengguntingan tidak boleh terlepas yang satu dengan lainnya.

Dengan demikian yang dimaksud jaring-jaring kubus adalah suatu rangkaian yang terdiri dari enam daerah persegi yang apabila digabungkan kembali (diimpitkan sisi-sisi perseginya) akan membentuk kubus.
Ada 11 model jaring jaring kubus dengan pola sbb:
Pola 1-4-1 sebanyak 6 macam. Pola 1-4-1 berarti terdiri atas rangkaian empat persegi pada satu baris di bagian tengah diikuti dengan masing-masing 1 persegi pada sebelah
menyebelah rangkaian empat persegi tersebut.
Pola 2-3-1 sebanyak 3 macam. Pola 2-3-1 berarti terdiri atas rangkaian tiga persegi pada
satu baris di bagian tengah diikuti dengan dua persegi pada bagian atas dan satu persegi
pada bagian bawah rangkaian tiga persegi tadi.
Pola 2-2-2 sebanyak satu macam dan pola 3-3 sebanyak 1 macam.
Kemudian guru membantu kelompok yang kesulitan dan memberi petunjuk untuk mencari bentuk jarring-jaring yang sulit. Setelah ke sebelas jarring-jaring ditemukan, ajak siswa bermain puzzle dengan cara menggunakan ke sebelas jarring-jaring kubus tadi sebagai potongan puzzlenya.

Catatan:
-          Bila Anda mau, beri hadiah kepada kelompok yang menang dalam menyusun puzzle. Hal ini akan membuat mereka lebih tertarik pada pelajaran Anda.
-          Warna digunakan untuk mempermudah siswa mengerti dan mengingat. Karena otak bekerja dalam warna.
-          Digunakan game puzzle agar siswa lebih mengingat ke sebelas macam jarring-jaring kubus. Karena otak akan lebih mudah mengingat apa yang berkaitan dengan dunia nyata dan dilakukan secara riang bahagia. Selain itu mengingat bahwa manusia adalah homo ludens atau makhluk bermain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar